Senin, 02 November 2009

AKHIR ZAMAN

Segala sesuatu ada awal dan ada akhirnya.
Seperti kita menonton sebuah film, dari awal hingga akhir.

Bumi diciptakan pada awal masa Penciptaan dunia.
Kapan tepatnya, tidak seorangpun yang bisa menjawab secara pasti.
Kalau kita runut menurut Alkitab secara exegesis, usia bumi ini seharusnya tak lebih dari 10.000 tahun.
Tetapi kalau menurut para ahli, dan menurut bukti-bukti seperti fosil dan penemuan berbagai barang peninggalan masa lalu (artefak), maka usia bumi bisa mencapai jutaan tahun.
Itu artinya, manusia tidak bisa mengetahui dengan pasti kapan awal mula bumi ada.
Yang tahu hanya Allah, karena dialah sang Pencipta.

Manusia juga tidak akan pernah tahu kapan pastinya akhir dunia.
Tetapi, Allah memberikan petunjuk kepada manusia melalui para nabinya, gambaran mengenai akhir jaman, supaya kita bisa mempersiapkan diri.
Akhir jaman adalah kesudahan segala alam yang saat ini ada.
Di setiap agamapun mengakui adanya akhir jaman


RAMALAN AKHIR JAMAN

Banyak ramalan yang dikemukakan oleh manusia tentang akhir jaman. Sejak jaman dahulu kala, manusia sudah mencoba meramalkan tentang akhir jaman.
Demikian pula orang-orang beriman. Sejak jaman dahulu, di mana pembukaan akan pengertian Firman Tuhan masih belum seperti sekarang, mereka menanti-nantikan kedatangan Tuhan sebagai salah satu peristiwa yang akan terjadi di akhir jaman. Bahkan mereka membuat penafsiran dan menentukan sendiri hari kedatangan Tuhan.

Ramalan yang saat ini sedang heboh ialah Kiamat 2012.

Sumber ramalan kiamat 2012, atau tepatnya 21 Desember 2012 adalah bersumber dari ramalan suku Maya. Menurut suku Maya, tanggal tersebut merupakan akhir dari penanggalan. Hal ini tidak jauh berbeda dari ramalan suku Indian kuno. Akhir dari penanggalan berarti, tidak ada penanggalan lagi, alias tidak ada lagi hari selanjutnya. Penanggap yang pesimis mengatakan inilah akhir dari dunia. Penanggap yang optimis mengatakan, bahwa ini sekedar berakhirnya penanggalan Maya, yaitu tanggal 13.0.0.0.0 yang kemudian harus diawali lagi menjadi 0.0.0.0.1 dan bukan 13.0.0.0.1. Tetapi dari situ akan terjadi evolusi masa dari periode perak menjadi periode emas, dimana terjadi perubahan drastis, tamatnya kebudayaan sekarang dan dimulainya kebudayaan baru yang sangat canggih. Mungkin sekali Mesin waktu ditemukan, berbagai teknologi yang hanya ada dalam angan-angan dapat diciptakan.

Ramalan yang lain mengatakan, pada tahun 2012 kutub bumi akan saling tertukar, dan bumi akan berotasi berbalik arah. Akibatnya kekacauan terjadi, waktu mungkin akan bergerak mundur. Ini sih fiction banget.

Yang lain mengatakan, berdasarkan kode-kode dalam Alkitab, pada tahun 2012 akan ada komet besar yang menabrak dan menghancurkan kehidupan di bumi. Yang bertahan hanya binatang-binatang renik, dan selanjutnya mungkin akan ber-evolusi dalam waktu yang panjang untuk menciptakan lagi dunia seperti yang sekarang ini.

Beberapa ahli lainnya mengatakan, pada tahun 2012, akan ada badai matahari yang sangat dahsyat dan akan melumpuhkan teknologi di bumi, banyak kecelakaan, dan manusia terpaksa melakukan segala sesuatu menjadi manual dan primitif. Pemikiran ini tidak jauh berbeda dengan kepercayaan adanya siklus kebudayaan, yang mempercayai pada jaman dahulupun sudah ada kebudayaan dan teknologi yang sangat maju tetapi kemudian hancur akibat bencana tertentu.

Ada lagi yang meramalkan pada 2012 akan terjadi perang dunia ketiga yang dahsyat. Beberapa mengakitkannya dengan perang Harmageddon.

Prediksi yang lain tentang peristiwa yang akan terjadi pada 2012 adalah masuknya Planet X ke dalam tata surya kita yang akan mengganggu dan mempengaruhi gaya tarik bumi, dan akibatnya semua menjadi melayang keluar angkasa, termasuk udara (atmosfer) tidak lagi terikat di bumi.

Pemikiran yang lebih masuk akal diberikan para ahli lingkungan, bahwa pemanasan global akan berdampak sangat mengerikan, pada 2012 akan terasa dampaknya, di mana-mana terjadi musibah banjir akibat mencairnya es, kebakaran hutan yang semakin luas dan menghancurkan apa saja, gempa bumi yang dahsyat, dan lain-lain bencana yang menghancurkan bumi.

Heboh, seperti ketika menjelang kita memasuki tahun 2000, di mana semua mengatakan akan terjadi kekacauan sistem komputer dan teknologi. Kenyataannya, waktu itu kita bisa menghadapinya dengan baik-baik saja.

KEDATANGAN TUHAN YANG KEDUA

Salah satu peristiwa yang akan terjadi di akhir jaman ialah kedatangan Tuhan Yesus yang kedua.

Dahulu, Tuhan Yesus datang ke dunia ini dalam bentuk manusia, kemudian mati disalibkan. Setelah Ia bangkit, sebelum naik ke Surga, Tuhan berjanji kepada murid-muridNya bahwa Tuhan akan datang kembali untuk kedua kalinya.

Sebelum akhir jaman akan terjadi lebih dahulu peristiwa-peristiwa antara lain :
1. Masa kesukaran gereja selama 3,5 tahun
2. Pengangkatan (Kedatangan Tuhan kedua, TAHAP PERTAMA),
3. Jaman Antikris selama 3,5 tahun
4. Perang Harmagedon (Kedatangan Tuhan kedua, TAHAP KEDUA)
5. Kerajaan 1000 tahun
6. Perang Gog dan Magog
7. Barulah Akhir Jaman (sorga dan bumi baru)

Ad 1. Menjelang akhir jaman akan terjadi masa-masa yang begitu sukar. Baik secara jasmani maupun rohani. Hampir seluruh dunia kena imbasnya, terutama Gereja Tuhan. Inilah masa pemurnian gereja, masa pengujian supaya meningkat rohaninya. Demikian juga seluruh dunia, akan terjadi gejolak yang dahsyat, masih mungkin bila kesulitan-kesulitan seperti yang diprediksi di atas akan dimulai pada 2012 itu.

Tanda-tanda kesukaran yang semakin menjadi itulah merupakan tanda khas menjelang kedatangan Tuhan yang kedua.

Ad 2. Alkitab mengajarkan bahwa untuk kedatanganNya yang kedua akan terjadi dalam dua tahap. Dan tidak ada yang tahu kapan waktunya.
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." (Matius 24:36)
Tahap pertama ialah kedatanganNya untuk orang-orang beriman saja. Dalam tahap pertama ini, Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan akan datang dalam waktu yang tidak diduga-duga, dan hanya bagi orang-orang yang siap dan penuh dengan pengurapan.
Dia datang untuk mengambil orang-orang berharganya, inilah yang dimaksud dengan Pengangkatan.

Pengangkatan adalah peristiwa dimana Tuhan Yesus Kristus datang di awan-awan untuk menjemput umat-umatNya masuk ke dalam kerajaan sorga tanpa melalui kematian bagi yang masih hidup dan yang telah meninggal dibangkitkan dari dalam kubur.
Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati
semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu
bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan
dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
(I Korintus 15:51-52)

Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan
sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka
yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup,
yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan
menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya
bersama-sama dengan Tuhan.
(I Tesalonika 4:16-17)

Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang
lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu
kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan
(Matius 24:40-41)

Apa saja peristiwa yang terjadi pada saat Pengangkatan? Pengangkatan terjadi secara cepat, Alkitab mengatakan secara sekejap mata, pada saat sangkakala Allah dibunyikan. Sangkakala ini hanya didengar oleh orang yang bersangkutan, dan tiba-tiba tubuh orang beriman itu akan berubah seperti menjadi asap tetapi bukan asap, segala yang dikenakannya akan ditinggal, dan ia naik ke awan-awan, yaitu Surga dengan penuh sukacita. Peristiwa ini terjadi di seluruh dunia, dan dibarengi dengan pecahnya kubur-kubur orang beriman yang telah mati, di mana tubuh mereka juga berubah dan naik ke awan-awan. Inilah Panenan Besar akhir jaman.

Pengangkatan terjadi tepat sebelum Antikris berkuasa. Jadi, orang beriman atau Gereja Tuhan yang diangkat tidak akan mengikuti jaman antikris.

Tetapi tidak semua orang beriman atau orang Kristen diangkat karena tidak semua bersungguh-sungguh dan siap sedia, akan masuk dalam jaman yang sangat celaka, Antikris.

Ad 3. Pada masa ini Antikris berkuasa, seluruh dunia tunduk pada satu pimpinan, mungkin sekali PBB atau penggantinya. Teknologi semakin canggih juga dunia roh semakin menjadi-jadi. Seluruh roh jahat ada di bumi. Semua orang Kristen yang ketinggalan akan tersiksa di sini, benar-benar diserahkan kepada Antikris. Orang yang tidak ikut pengangkatan dan tertinggal di jaman Antikris hanya mempunyai dua pilihan : ikut antikris atau tahan disiksa sampai mati tetapi selamat sebagai panenan susulan, atau jika bisa tetap bertahan hidup (lari dari Antikris) tanpa menyangkal Tuhan.

Ad 4. Sesudah Antikris berkuasa, Tuhan Yesus akan datang untuk Tahap Kedua, kali ini Tuhan datang sebagai raja bersama dengan orang-orang kudusnya, yaitu kita yang telah ikut pengangkatan, untuk menghancurkan Antikris. Antikris beserta segala tentaranya akan berperang dengan Tuhan dalam perang Harmageddon, tetapi Tuhan akan menghancurkan mereka.

Tahap kedua ialah kedatanganNya untuk seluruh dunia sembari menghancurkan Antikris. Orang beriman yang masih hidup (lolos dari Antikris) dan tidak menyangkal Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi seluruh dunia yang mengikut Antikris akan dibinasakan.

Ad 5. Setelah itu, Tuhan Yesus akan memerintah orang-orang yang masih tersisa di bumi dan memenjarakan iblis 1000 tahun lamanya. Inilah kerajaan damai 1000 tahun. Disini orang-orang diperintah dnegan tongkat besi, dan tidak ada kejahatan terjadi, sebab segera pelaku akan dihukum dengan keras dan adil.

Ad 6. Setelah 1000 tahun, kemudian iblis dan setan-setan dilepaskan kembali untuk yang terakhir kalinya, kemudian mempengaruhi kembali ornag-orang yang habis dari kerajaan 1000 tahun. Sekalipun mereka biasa disiplin, ternyata mereka masih bisa kembali menuruti hawa nafsu dan kejahatan yang ditawarkan oleh Iblis dna setan-setan. Bersama-sama mereka mempersiapkan diri untuk peperangan yang terkahir melawan Tuhan, dalam perang Gog dan Magog, tetapi mereka dikalahkan, pad akhirnya Iblis dan pengikutnya dihakimi dan dilemparkan ke dalam penghukuman kekal dalam lautan api.

Ad 7. Barulah setelah itu Allah melenyapkan segala sesuatu, inilah benar-benar kiamat. Jadi, kiamat tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Alkitab jelas mengajarkan, kiamat masih akan sangat panjang, kurnag lebih 1000 tahun mendatang, setelah kerajaan 1000 tahun di bumi.

Tetapi Pengangkatan mungkin sekali akan terjadi dalam waktu dekat. Kemudian Allah menciptakan kembali Surga dan bumi baru yang sama sekali steril dari Iblis dan setan-setan. Maka dari itu kita harus bersedia.

Sebagai gambaran, bukan ramalan, bukan juga nubuatan, sekedar untuk mempermudah perhitungan kita, taruhlah kita anggap bahwa Desember 2012 merupakan awal dari Masa Kesukaran, maka kita bisa menghitung kapan waktu terjadinya peristiwa-peristiwa di atas.

Sebagai catatan, alur peristiwa akhir jaman ini menganut pemahaman “middle tribulation”. Kalau Anda penganut Pre Tribulation atau Post Tribulation, silakan Anda menghitungnya sendiri sesuai versi Anda.

RAMALAN KEDATANGAN TUHAN YANG KEDUA

Sekali lagi, tanggal-tanggal diatas dihitung dengan asumsi kalau masa kesukaran gereja dimulai pada Desember 2012. Walaupun itu masih mungkin, tetapi tanggal-tanggal ini bukan pewahyuan dari Tuhan, bukan sesuatu yang pasti.

Sikap kita terhadap semua ramalan dan prediksi hanyalah supaya kita bersiap sedia menghadapi kedatangan Tuhan (pengangkatan).

Dari dulu telah banyak ramalan dan prediksi yang katanya dan diyakini berdasarkan dari Alkitab, tetapi meleset. Akhirnya banyak orang kecewa dan mengatakan, tuhan bohong, Dia tidak akan datang.

Beberapa contoh :

Di luar negeri :

Pendeta Jim Jones, pemimpin Sekte Kuil Rakyat, bunuh diri dengan racun bersama 914 pengikutnya di Jonestown Guyana, Amerika Latin. Mereka takut kiamat karena perang nuklir dan merajalelanya komunisme Uni Soviet.

Pada 1989 Jeffrey Lundgren menyempal dari kelompok kristen. Dia memimpin sekitar dua lusin anggota. Mereka berlatih paramiliter untuk menyerang gereja. Ketika ada anggotanya yang membantah, si pembantah dieksekusi. Lungren kemudian divonis mati, sedangkan istri dan anaknya dipenjara untuk waktu yang lama.

28 Februari 1993 Vernon Howell alias David Koresh, pemimpin sekte Ranting Daud, tewas bersama 75 anggotanya di Waco Texas, ketika pasukan federal AS menyerbu gedung tempat Koresh “ menyandera “ anggotanya. Ini mengakhiri pengepungan 51 hari yang dramatis dan disiarkan langsung televisi ke seantero dunia.David Koresh dari Waco, Texas, AS, yang menganggap dirinya sebagai titisan Raja Daud dengan campuran Raja Koresh-Persia di masa silam (Yesaya 45:1-7) juga
menganggumkan jemaatNya. Merekrut jemaatNya untuk menantikan kedatangan Tuhan, ia menciptakan armaggedon sendiri dan akhirnya mengajak puluhan jemaatNya mati terpanggang dalam api “armageddon”nya sendiri mengakhiri pengepungan 51 hari dari tentara federal Amerika!

Bahkan pendeta sekelas Benny Hinn pernah memprediksi Pengangkatan akan terjadi pada 1993, namun hal itu jelas tidak benar dan tidak terjadi.

Di Indonesia :

Ramalan kedatangan Tuhan tanggal 12 Mei 1998. Di Surabaya tepatnya Gereja Pentakosta Tabernakel pada tanggal 12 Mei 1998 oleh mimpi Pdt. Elysa yang bermimpi agar jemaatNya menantikan kedatangan Tuhan Yesus di tanah utara. Dari mimpi itu oleh Pdt. Berco Suadi Utomo direstuinya dan menugaskan sang Pendeta pemimpi itu untuk menelusuri wilayah mimpinya di utara tersebut, maka oleh bantuan Pdt. Laurens Pantaow ditemukanlah tempat itu di wilayah walian yakni di lereng perkebunan Wawo kelurahan walian. Kecamatan Tomohon kabupaten Minahasa. Jarak yang 30 km dari Manado ini diyakini asri dan sejuk untuk siap menantikan kedatangan Tuhan Yesus. Jemaat yang kontroversialpun mulai kasak kusuk namun akhirnya tidak kurang dari 75 keluarga menjual apa yang menjadi miliknya dan hijrah kesana menantikan kedatangan Tuhan yang kedua kalinya, yang tak kunjung datang.

10 Nopember 2003 Sekte Pondok Nabi yang digalang pendeta Mangapin Sibuea. Dengan mengambil lokasi di gedung berlantai tiga yang terletak di Jl. Siliwangi 75 Baleendah, Bandung mereka menanti datangnya Juru selamat. Mereka rela meninggalkan kampung halamannya untuk berkumpul menyambut kiamat. Sekitar 283 orang memasrahkan diri,menunggu Yesus mengangkat mereka.
Dalam selebaran yang dipajang didalam gedung itu tertulis bahwa 10 November 2003 akan ada pengangkatan dan pengraiban umat tersebut. Dalam surat itupun tertulis bahwa pengangkatan tersebut akan berlangsung sekitar pukul 09.00- 15.00 WIB. Nyatanya bukan Sang Juru Selamat yang datang, aparat kepolisian yang dating menciduk dan menjebloskan sang pemimpin Pdt Mangapin Sibuea ke penjara.

SIKAP YANG BENAR

Tidak kuatir, tetap menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya.
Tetapi bersiap sedia, seperti lima gadis yang bijaksana memiliki pelita yang menyala dan persiapan minyak. Supaya kita ikut dalam pengangkatan.
Tidak kalut dengan prediksi dan asumsi-asumsi, karena Alkitab jelas memberikan gambaran-gambaran tentang kiamat dan kedatangan Tuhan.
Jelas kiamat bukan sesuatu yang perlu kita takuti.
Tetapi kita harus mempersiapkan diri dan tidak hidup dengan sembarangan.
Tidak ada yang tahu tanggal pastinya dari semua peristiwa yang akan terjadi di akhir jaman, sebagaimana kita juga tidak emngetahui kapan penciptaan dilakukan.

Masih banyak ramalan-ramalan lain yang mengatakan kiamat atau kedatangan tuhan mungkin saja terjadi pada 2014, 2024, 2028, 2034, bahkan 2100. Nah., lho…????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar